Sabtu, 01 Januari 2011

DZIKIR
Dzikir Paling Utama
Laa ilaaha illallaah.

Artinya:
Tiada tuhan selain Allah.

Dasar Hadits:
Dari Jabir bin Abdullah ra., “Rasulullah saw bersabda: Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallaah dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillah” (HR. Tirmidzi)

∞ ∞ ∞ ∞ ∞

Dzikir Bangun Tidur
Laa ilaaha illallaahu wahdahulaa syariikalahu, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai in qadiir

Artinya:
Tiada Ilah (Tuhan) melainkan Allah semata, yang tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu.

Ali Imran: 190-200 (sepuluh ayat terakhir)

Dasar Hadits:
Dari Aisyah ra, dari Nabi saw, Beliau bersabda,”Tidaklah seorang hamba yang pada saat Allah mengembalikan ruhnya (sesudah tidur) kemudian mengucapkan Laa ilaaha illallaahu wahdahulaa syariikalahu, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai in qadiir melainkan pasti Allah akan mengampuni dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih di lautan.” (HR Ibnu Sunni)

Dari Abdullah bin Abbas ra,”… kemudian Rasulullah saw bangun, lalu duduk sambil mengusap wajah dengan tangan agar hilang rasa kantuknya, lalu membaca sepuluh ayat terakhir surat Ali Imran.” (HR Bukhari)

∞ ∞ ∞ ∞ ∞

Dzikir Sebelum Tidur
Surat Al-Ikhlas: Qul huwallahu ahad, …dst (1-4)
Surat Al-Falaq: Qul a’uudzu birabbil falaq, …dst (1-5)
Surat An-Naas: Qul a’uudzu birabbin naas, …dst (1-6)
Diulang sampai 3x

Ayat Kursi (Al Baqarah: 255): Allaahulaa ilaaha illa huwal hayyul qayyuum, …dst

Al Baqarah: 285-286: Aamanar rasuulu bimaa undzila ilaihi mir rabbihi wal mu’minuun, …dst

Dasar Hadits:
Dari Aisyah, “Sesungguhnya Nabi saw jika akan tidur, beliau merapatkan kedua telapak tangannya kemudian meniupnya, lalu membaca Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas. Sesudah itu beliau mengusap kedua tangannya ke badan, bermula kepala, wajah, lalu bagian depan badan. Demikian itu beliau lakukan 3x” (HR Bukhari).

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: … Rasulullah saw bertanya kepadaku: “Apa yang dilakukan tawananmu tadi malam?” Aku menjawab, “Ya Rasulullah, ia mengajarkan kepadaku beberapa kalimat yang katanya Allah akan memberi manfaat kepadaku. Oleh karena itu, aku membiarkannya.” Rasulullah bertanya,”Kalimat apa itu?” Jawabku,”Ia berkata kepadaku, Apabila engkau hendak tidur, bacalah Ayat Kursi dari awala hingga akhir ayat… Dan dia melanjutkan, Engkau akan senantiasa dalam perlindungan Allah dan setan tidak akan mendekat sampai pagi, dan biasanya para sahabat sangat menginginkan kebaikan.” Lalu Rasulullah saw bersabda,”Ketahuilah, sesungguhnya ia telah berkata benar kepadamu, meskipun dia itu pendusta. Tahukah kamu dengan siapa kamu berbicara selama tiga malam itu wahai Abu Hurairah?” Jawabku,”Tidak.” Beliau bersabda,”Dia itu adalah setan.” (HR Bukhari)

Dari Abu Mas’ud ra, ia berkata,”Rasulullah saw bersabda, Barangsiapa membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah pada malam hari, maka hal itu telah mencukupinya.” (HR Bukhari)

∞ ∞ ∞ ∞ ∞

Dzikir Malaikat
Subhaanallaahi wa bihamdih.

Artinya:
Mahasuci Allah dan dengan memuji kepada-Nya.

Dasar Hadits:
Dari Abu Dzar, bahwa Rasulullah saw pernah ditanya,”Wahai Rasulullah, ucapan apakah yang paling utama?” Beliau menjawab, “Ucapan yang telah dipilihkan Allah swt kepada malaikat dan hambanya, yaitu Subhaanallaahi wa bihamdih” (HR Muslim)

∞ ∞ ∞ ∞ ∞

Dzikir yang Ringan tapi Berat Timbangannya
Subhaanallaahi wa bihamdih, subhaanallaahil ‘azhiim.

Artinya:
Mahasuci Allah dan dengan memuji-Nya, Mahasuci Allah lagi Mahaagung.

Dasar Hadits:
Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi Muhammad saw, beliau bersabda: “Dua kalimat yang ringan diucapkan tapi berat timbangannya dan sangat disukai Allah adalah Subhaanallaahi wa bihamdih, subhaanallaahil ‘azhiim” (HR Bukhari, Muslim)

∞ ∞ ∞ ∞ ∞

Dzikir yang Sangat Besar Pahalanya
Laa ilaaha illallaahu wahdahulaa syariikalahu, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai in qadiir (100x)

Artinya:
Tiada Ilah (Tuhan) melainkan Allah semata, yang tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu (Dibaca 100x).

Dasar Hadits:
Dari Abu Hurairah ra., ia berkata: “Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa membaca laa ilaaha illallaahu wahdahulaa syariikalahu, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai in qadiir seratus kali dalam sehari, dia seperti halnya membebaskan 10 budak dan ditetapkan baginya 100 kebaikan dan dihapuskan baginya 100 kesalahan dan dia terpelihara dari godaan setan sampai sore. Tidak seorangpun kelak pada hari kiamat datang lebih mulia daripadanya kecuali orang yang melakukan amal lebih banyak darinya.”" (HR Bukhari)

∞ ∞ ∞ ∞ ∞

Tasbih Tahmid Tahlil dan Takbir
Subhaanallaahi walhamdulillaahi walaa ilaaha illallaahu wallahu akbar

Artinya:
Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Ilah (Tuhan) melainkan Allah dan Allah Mahabesar (Dibaca 100x)

∞ ∞ ∞ ∞ ∞

Al Baqarah 1-5
Bismillahirrahmaanirrahiim.
1. Alif Laam Miim.
2. Dzaa likal kitaabu laa ray ba fiih, hudallil muttaqiin.
3. Alladziina yu’minuuna bil ghaibi wa yuqiimuunash shalaata wa mimma ra zaqnaa hum yun fiquun.
4. Walladziina yu’minuuna bimaa unzila ilaika wamaa unzila min qablik, wa bil aakhirati hum yuu qinuun.
5. Ulaa ika ‘alaa hudammir rabbihim wa ulaa ika humul muflihuun.

Artinya:
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
1. Alif Laam Miim.
2. Kitab (Al Quran) itu tiada keraguan padanya, petunjuk bagi orang yang bertakwa.
3. (Yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami anugerahkan pada merekan.
4. Dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al-Quran) yang telah diturunkan kepadamu, dan kitab-kitab yang diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya kehidupan akhirat.
5. Mereka itulah yang telah mendapat petunjuk dari Rabb mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar