Rabu, 13 Juli 2011

Diriwayatkan oleh Abu Nashrin bin Said ra (tentang urutan 13, 14, 15 Sya’ban) bahwa Nabi SAW telah bersabda :
Tatkala malam 13 bulan Sya’ban maka datanglah Jibril kepadaku, lalu berkata, ” Hai Muhammad ! bangunlah (kerjakan shalat), sungguh telah datang waktu tahajud, agar engkau bisa minta apa yang engkau kehendaki untuk umatmu”Maka Beliau pun mengerjakannya. Ketika waktu shubuh tiba Jibril datang lagi dan berkata, “Hai Muhamad !! sesungguhnya Allah SWT telah memberikan (anugerah) kepada 1/3 umatmu ” ” Beritahukan kepadaku bagaimana nasib umatku yang 2/3 lagi ?”Jibril menjawab, “Aku tidak tahu”.
Pada malam 14 Sya’ban, Jibril datang lagi menemui Nabi SAW sambil berkata, ” Hai Muhamad !, bangunlah dan bertahajudlah.” Nabi pun mengerjakannya. Ketika waktu fajar tiba, Jibril menemui lagi Nabi SAW sambil berkata, ” Hai Muhamad ! sungguh Allah SWT telah memberi (anugerah) kepada 2/3 umatmu “Mendengar ucapan Jibril itu, lalu Nabi SAW menangis lagi sambil berkata, ” Hai Jibril ! beritahu aku (bagaimana) umatku yang 1/3 nya lagi ? “Jibril menjawab, “Aku tidak tahu”
Kemudian pada malam ke 15 Sya’ban (malam Bara’ah) Jibril datang lagi kepada Nabi SAW sambil berkata, “Hai Muhammad kabar gembira untukmu, bahwa Allah telah memberi (anugerah) kepada semua umatmu dan orang-orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatupun”.Lalu Jibril berkata lagi, “Hai Muhamad ! lihatlah ke langit, apa yang engkau lihat?”Kemudian Beliau melihat keatas, dan tampaklah pintu-pintu langit terbuka, sedangkan para malaikat dari langit dunia sampai ke ‘Arasy sedang sujud sambil memohon ampunan kepada Allah SWT untuk umat Nabi Muhamad SAW.Dan di tiap pintu langit ada malaikat berseru sebagai berikut :
- Di Pintu Langit Pertama, Malaikat berseru :
” Beruntung bagi orang yang ruku pada malam ini ”
- Di Pintu langit ke-dua, Malaikat berseru :
” Beruntung bagi orang-orang yang mau sujud pada malam ini”
- Di Pintu langit ke-tiga, Malaikat berseru :
” Beruntung bagi orang-orang yang berdzikir pada malam ini ”
- Di Pintu langit ke-empat Malaikat berseru :
” Beruntung bagi orang-orang yang berdo’a kepada Tuhan-nya pada malam ini ”
- Di Pintu langit ke-lima Malaikat berseru :
” Beruntung bagi orang-orang yang menangis karena takut pada Allah SWT pada malam ini ”
- Di Pintu langit ke-enam Malaikat berseru :
” Beruntung bagi orang yang berbuat baik pada malam ini ”
- Di Pintu langit ke-tujuh Malaikat berseru :
” Beruntung bagi orang yang membaca Al-Qur’an pada malam ini ”
Kemudian ada pula malaikat yang berseru :
- Orang yang meminta, akan di beri permintaannya.
- Orang yang ber doa, akan di kabulkan do’a nya.
- Orang yang meminta ampun, maka ia akan di ampuni.
Rasulullah SAW bersabda lagi :
” Pintu-pintu Rahmat akan dibuka untuk umatku, sejak permulaan malam hingga waktu fajar. Sesungguhnya Allah SWT pada malam ini (malam Nisfu Sya’ban) membebaskan orang-orang dari neraka lebih banyak dari bilangan bulu kambing Bani Kilab ”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar