Jumat, 18 November 2011

KAHATAM AL-QURAN

Di antara keutamaan membaca dan khatam Al-Qur’an adalah :

Akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.
Umar bin Khattab ra berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “ Sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an), dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim)

Menjadi Syafaat pada hari kiamat.
Abu Umamah ra berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, ‘bacalah Al-Qur’an sebab Al-Qur’an akan datang pada hari kiamat sebagai sesuatu yang dapat memberikan syafaat (pertolongan) kepada orang-orang yang mempunyainya.” (HR. Muslim)

Mendapat ketenangan dan rahmat dari Allah SWT.
Abu Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul disalah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan , akan dilingkupi pada diri mereka denan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat dan Alla SWT pun akan menyebut (memuji) mereka pada makhluk yang ada didekat-Nya.” (HR. Muslim)

Khatam Al-Qur’an merupakan amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT.
Ibnu Abbas ra berkata bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah saw, “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai oleh Allah SWT?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu Ar-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai, ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Imam Tirmidzi)

Akan mendapatka Shalawat dan do’a dari malaikat.
Sa’ad bin Abi Waqas berkata, “Apabila Al-Qur’an dikhatamkan bertepatan pada permulaan malam, maka malaikat akan bershalawat (berdo’a) untuknya hingga subuh. Dan apabila khatam Al-Qur’an bertepatan pada akhir malam, maka malaikat akan bershalawat dan berdo’a untuknya hingga sore hari.” (HR. Ad Darimi)
Dari Mus’ab bin Sa’d, dari Sa’d bin Abi Waqas, beliau berkata : Apabila Al-Qur’an dikhatamkan bertepatan pada permulaan malam, maka malaikat akan bersalawat (berdoa) untuknya hingga subuh. Dan apabila khatam bertepatan pada akhir malam, maka malaikat akan bershalawat/ berdoa untuknya hingga sore hati. (HR. Addarimi :3547, Sunan Addarimi, Bab fii khatmil Quir’an, juz 10, hal.392)
Dari Wabarah bin Abdirrahman dari Al-Aswad, ia berkata : Barangsiapa membaca Al-Qur’an, lalu ia mengkhatamkannya pada siang hari, maka pada hari itu dosanya diampuni, dan barangsiapa yang mengkhatamkannya pada malam hari, maka pada malam itu dosanya diampuni. (HR.Baihaqi : 2014, Sunan Al-Baihaqi, Syu’batul iman, juz 5, hal.86)
KETIKA KHATAM AL-QUR’AN MERUPAKAN WAKTU YANG MUSTAJABAH UNTUK BERDOA KEPADA ALLAH.
Sesungguhnya ada kebiasaan Anas bin Malik apabila telah mengkhatamkan Al-Qur’an, beliau mengumpulkan keluarga dan anaknya, lalu beliau berdo’a untuk mereka. (HR. Thabrani : 673, Al-Mu’jam Al-Kabir Lith-Thabrani, juz 1, hal.291)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar